Cari Blog Ini

Selasa, 02 November 2010

Ragam Jenis Makanan Sehat

A. Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan
Kacang hijau (phaseolus radiatus) yang juga biasa disebut mungbeanmerupakan tanaman yang dapat tumbuh hampir di semua tempat di Indonesia. Berbagai jenis makanan (olahan) asal kacang hijau seperti bubur kacang hijau, minuman kacang hijau, kue/penganan tradisional, dan kecambah kacang hijau telah sejak lama dikenal oleh masyarkat indonesia. Bubur kacang hijau merupakan makanan tradisional yang padat gizi. Bahkan posyandu banyak menggunakan kacang hijau sebagai salah satu bentuk PMT (program makanan tambahan) untuk anak balita.
Protein kacang hijau kaya akan asam amino lisin. Dalam pola makan sehari-hari, kekurangan dan kelebihan zat gizi tertentu dapat diantisipasi apabila kita mengkomsumsi makanan yang beragam. Tingginya kandungan lisin dalam kacang hijau sebenarnya melengkapi kekurangan lisin yang terdapat dalam beras. Efek komplementer (saling melengkapi) ini menyebabkan protein dari kombinasi makanan yang serasi dapat dimanfaatkan tubuh secara maksimal(Ali Khomsan,2006).

B. Real Food
Bagi sebagian orang, real food dianggap identik dengan makanan alami-walaupun anggapan tersebut kurang tepat. Makanan alami adalah makanan dengan bahan baku organik, tanpa pengawet buatan, dan tanpa pewarna buatan. Sementara bahan baku organik menurut sebagian orang adalah bahan-bahan yang dibydidayakan secara alami tanpa pupuk kimia, tanpa pestisida kimia atau (untuk hewan) tanpa penggunaan antibiotik  dan suntukan hormon. Semua anggapan tersebut, benar! Namun, konsep real food tidak berhenti sampai disitu(Ahkam Subroto, 2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar